Selasa, 03 Januari 2012

Pengaruh Perkembangan TIK Terhadap Aktivitas Penduduk Di Perdesaan ”

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Seperti yang kita ketahui, teknologi kini telah merembes dalam kehidupan kebanyakan manusia bahkan dari kalangan atas hingga menengah kebawah sekalipun. Dimana upaya tersebut merupakan cara atau jalan di dalam mewujudkan kesejahteraan dan peningkatan kualitas hidup manusia itu sendiri.Denganperjalananwaktu, makinhariperanan TIK makinmenonjoldanmakinmenentukandalampembangunanbangsa. Makin hari, peranan TIK makinterasapentingbagimasyarakatperdesaan( Habibie.1995:17 )
Atas dasar kreatifitas akalnya, manusia mengembangkan TIK dalam rangka untuk mengolah SDA yang sudahtersedia. Dimana dalam pengembangan TIK harus didasarkan terhadap budaya dan lingkungan kehidupan, agar semua masyarakat bisa memanfaatkan TIK sesuai dengan fungsinya. Begitu juga diharapkan sumber daya manusianya bisa lebih baik lagi jika didukung dengan penggunaan TIK sehingga banyak kemudahan yang kita dapatkan oleh manusia itu sendiri. Namun,berbanding terbalik dengan realita yang ada di lingkungan perdesaan masih banyak dijumpai masyarakat yang belum bisa memanfaatkan perkembangan TIK.  Misalnya, guru yang sudah lama mengajar disekolah dan umurnya sudah tua bila dihadapkan dengan dengan komputer maka dia akan kesulitan didalam mengoprasikannya dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mengoprasikannya dalam suatu lembaga pendidikan yang ada di pedesaan, karena dulunya hanya terbiasa dihadapkan pada mesin ketik saja.
Namun dalam pelaksanaan pembangunan diperdesaan pada saat ini, TIK memberikan peranan yang sangat besar terhadap perkembangan aktivitas penduduk. Dimana masih banyak masyarakat perdesaan yang kurang mampu yang putus harapannya untuk mendapatkan pengetahuan dan teknologi tersebut. Hal itu dikarenakan tingginya biaya pendidikan yang harus mereka tanggung.Maka dari itu,pemerintah perlu menyikapi dan menanggapi masalah-masalah tersebut, agar peran  TIK dapat bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang ada.
Maka dari itu kami disini mencoba untuk menjelaskannya lebih lanjut dalam makalah yang berjudul “Pengaruh Perkembangan  TIK Terhadap Aktivitas Penduduk Di Perdesaan”.

1.2  Rumusan masalah
Adapun rumusan masalah dari latar belakang di atas adalah sebagai berikut:
1.2.1        Bagaimana perkembangan TIK di dalam perdesaan?
1.2.2        Bagaimana hubungan TIK dengan perkembangan perdesaan?
1.2.3        Apa saja dampak positif dan negatif dari TIK terhadap perkembangan perdesaan?
1.2.4        Bagaimana cara menanggulangi dampak negatif perkembangan penggunaan TIK di perdesaan?
1.2.5        Apa saja manfaat perkembangan TIK dalam kegiatan di perdesaan?

1.3  Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan dari makalah ini yaitu sebagai berikut:
1.3.1        untuk mengetahui perkembangan TIK di dalam perdesaan
1.3.2        untuk mengetahui hubungan TIK dengan perkembangan perdesaan
1.3.3        untuk mengetahui dampak-dampak positif dan negatif dari perkembangan TIK terhadap perkembangan perdesaan
1.3.4        untuk mengetahui cara-cara menanggulangi dampak negatif perkembangan penggunaan TIK di perdesaan
1.3.5        untuk mengetahui manfaat perkembangan TIK dalam kegiatan di perdesaan







BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Perkembangan TIK di dalam Perdesaan
              Manusia memiliki dua fungsi kedudukan dalam kehidupan ini yaitu sebagai individu dan mahluk sosial. Sebagai mahluk sosial, manusia membutuhkan untuk berkomunikasi diantara sesamanya  dan merupakan kebutuhan penting agar dapat melakukan interaksi dengan baik. Atas dasar kebutuhan tersebut, manusia berupaya mencari dan menciptakan sistem dan alat untuk saling berinteraksi, mulai dari gambar (bentuk lukisan), isyarat (tangan, asap, dan bunyi), huruf, kata, kalimat, tulisan, surat, sampai dengan telepon dan internet. Perkembangan sistem informasi dalam kehidupan manusia seiring dengan peradaban manusia itu sendiri sampai akhirnya mengenal istilah Teknologi Informasi Komunikasi (TIK). Dimulai dari bentuk gambar yang tak bermakna pada dinding-dinding, prasasti-prasasti,  sampai informasi yang kemudian dikenal dengan nama internet. Informasi yang dikekola dan disampaikan juga terus dikembangkan, dari informasi yang sederhana seperti sekedar  menggambarkan suatu keadaan.
              Saranapengembangan TIK di perdesaanterdiridariduaaspekyaitupengembangan formal danpengembangan non-formal.Dimanadalampengembangan formal dan non-formal tidakdapatdipisahkanyaitupengajarandanpelatihan yang berlangsungdisekolah, danlembaga-lembagapendidikan yang ada di suatudesa. TIK dalamperkembangankebudayaan di perdesaanmenyangkutupayamenjadikanmasyarakatdesamenjadipribadi yang baikdalambidangpendidikan, ekonomi, kesehatan, dan media masa (Habibie.1995:461)
              Ada beberapapersyaratan yang sangatpenting agar bisaberteknologidanteknologiitubisaberkembang (TimPenyusun.2010:558) yaitusebagaiberikut :
1)      Kebutuhan (need). Misalnyakitabutuhmakan, butuhpakaian, butuhrumahdan lain sebagainya. Denganadanyakebutuhanmanusiaakanmulaiberpikiruntukmelakukansesuatudanmulaiberbuatdengancaranyasendiri.
2)      Bahan/modal dan personal
3)      Simpatiatauperandarimasyarakat yang maumenerimadanberperandalamteknologi. Tanpaadanyasimpatiatauperandarimasyarakat, teknologiitutidakakanbisabarkembang. Semakinbesar orang merasakanmanfaatataumemfungsikanteknologi yang dibuatmakasemakinpesatperkembanganteknologitersebut.
              Dalam perkembanganya TIK yang berkebang di dalam perdesaan akan ada hambatan atau faktor penentu bisa atau tidaknya TIK masuk dan berkembang di dalam sebuah perdesaan (www.google.com), adapun faktor penentu TIK berkembang di desa yaitu:
Ø  tingkat pendidikan masyarakat desa itu sendiri (SDM)
Ø  lingkungan fisik desa
Ø  sosial dan budaya desa
Ø  jenis TIK
              Suatumasyarakat yang telahmemutuskanuntukmenerapkanteknologidalammemenuhikebutuhannyaseperti yang telahdilakukanbangsa Indonesiatidakdapatmenghindardariteknologidanuntukmenjadimasyarakat yang swadayadalampenyediaanteknoligi, makamasyarakattersebutselaindapatmenginovasiteknologimapanbagikebutuhandirisendirijugaharusmampumelakukanprediksiteknologi yang masihakanlahir ( Sahari Besari.2008:315 )
2.2 Hubungan TIK dengan Perkembangan Perdesaan
            Teknologi baru yang digunakan dalam bidang informasi dan komunikasi di perdesaan telah membawa dinamika dalam aktivitas penduduk di perdesaan. Ada pandangan utama yang mengatakan bahwa teknologi  dan informasi memiliki keterlibatan secara langsung maupun tak langsung terhadap perkembangan kehidupan sosial di daerah pedesaan.Perubahan positif yang disebabkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ini yang secara notabene berdampak secara dramatis dalam perkembangan suatu perdesaan. Dalam suatu desa yang sudah terjamah oleh perkembangan TIK maka akan terjadi perubahan pada segi kehidupan sosial dan budaya pada masyarakat itu sendiri. Menurut Abidin (1999) Adapun hubungan TIK dengan perkembangan kehidupan sosial  dan budaya pada masyarakat akan berpengaruh pada  :
1.      Pola hidup, seperti :
a)      dari agraris tradisional menjadi agraris modern
b)      dari lamban ke serba cepat
c)      dari berasas nilai sosial menjadi konsumeris materialistis
d)     dari tata kehidupan tergantung  dari alam kepada menguasai alam
2.      Perubahan perilaku, terutama pada generasi muda (para remaja) pada masyarakat desa , seperti  pergaulan a-susila di kalangan remaja perdesaan
Dalam sebuah desa yang telah berkembang TIK sebagai sarana dan prasarana yang mendominasi dalam segala aktivitas kehidupan masyarakat desa maka akan menimulkan perkembamgan desa yang mengarah ke desa yang bersipat moderen, dimana segala aktivitas penduduk di desa yang menggunakan teknologi moderen terutama di bidang pertanian. Dimana aktivitas penduduk di sebuah desa yang umumnya bermata pencarian di bidang agraris yang dimana sebelumnya menggunakan alat dan cara tradisional dalam aktivitas pertanianya. Dan dengan adanya perkembangan TIK di daerah pedesaan maka alat dan cara pertanian yang dilakukan petani di perdesaan akan berubah yang akan lebih dominan menggunakan teknologi dan informasi yang lebih maju dan baik. Dengan berkembangnya dan masuknya TIK dalam sebuah desa akan mengubah pola dan tatanan kehidupan aktivitas penduduk desa yang mengarah ke hal yang bersifat efesiensi.
2.3 Dampak Positif Dan Negatif Perkembangan TIK Terhadap PerkembanganPerdesaan
            Di era ini teknologi informasi dan komonikasi sangat berkembang dengan pesat, perangkat teknologi saat ini tidak hanya dipakai oleh kalangan tertentu tetapi sudah sangat meluas dari lingkungan kota hingga lingkungan pedesaan, dimana semuanya mungkin sudah dapat mengerti dasar - dasar pemakaian alat tekhnologi informasi dengan mudahnya. Adapun dampak positif dan negatif teknologi informasi yang banyak diperbincangkat oleh masyarakat.Adapuncontohnegatifdariperkembangan TIK terhadapperkembanganperdesaanyaitukeberadaanpesawat relative menjadidasarbagiperubahantatananprilakuanak-anak di desa.Kegemarananak-anakdalampermainantradisionalsemakinhilang, disebabkanolehmunculnyakegemaranbarumelihattayangan-tayangan film-film dengantokohidolamerekasepertidoraemon, bajahitam, dan lain-lain (Suhardi,dkk.1996:71)
              Perubahan yang terjadi di perdesaantidaksaja, karenadampakpembangunanperdesaanitusendiri, tetapipembangunandalamartiluasjuga member andilperansertaterhadapperubahan-perubahan yang terjadidiperdesaan.Program-program pembangunanperdesaan yang selamainidiselenggarakanolehpemerintahdiakuitelahmenimbulkandampakpositif yang cukupsignifikanterhadaplingkungandanmasyararakatperdesaan.Dampaktersebutantaralain :
Ø  Meningkatkanfasilitassosialekonomi di perdesaansepertisekolah, puskesmas ,transportasidankomunikasi.Sehinggaterbukaaksesbagimasyarakatuntukmemenuhikebutuhannya.
Ø  Meningkatkanmobilitaskeruanganmasyarakat yang memungkinkaninteraksikeruangandansosialpadaskala yang luasdalamwaktu yang cepat.
Ø  Meningkatkanproduksipertaniansebagaiakibatdaripenggunaanteknologi modern (Sriartha.2004:29)

v  DAMPAK POSITIF
            Adapun dampak positif TIK bagi aktivitas penduduk diperdesaan antara lain sebagai berikut :
1)      Para petani dapat berdiskusi tentang bagaimana menanam padi dengan baik, cara membasmi hama tanaman, atau bagaimana memelihara ternak mereka dengan baik agar didapatkan hasil produksi dengan kwalitas yang bagus yang diperoleh dari TIK yang berkembang diperdesaan.
2)      Para guru dapat membentuk forum untuk berdiskusi dalam rangka meningkatkan kwalitas belajar mengajar dan untuk mendapatkan informasi sesuai dengan bidang ajar masing-masing yang mendapat tambahan dari sumber TIK yang berkembang diperdesaan.
3)      Para pedagang  dapat membentuk komunitas untuk lebih meningkatkan  kwalitas produk dan pemasaran mereka lewat internet dan perkembangan TIK di perdesaan.
4)      Pemerintah Daerah yang ada di perdesaan juga akan dengan mudah mengontrol daerah binaannya dan lebih mudah dalam menentukan kebijakan yang harus diambil untuk memajukan daerah binaannya dengan adanya akses TIK.

v  DAMPAK NEGATIF
            Adapun dampak negatif TIK bagi aktivitas penduduk diperdesaan antara lain sebagai berikut:
1)      Sekarang di zaman modern masyarakat perdesaan banyak dialihkan perhatiannya kepada acara yang ada di televisi sehingga sering sekali menunda aktivitas untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
2)      Kesehatanmata, banyakjugaanak-anakkecil yang ada di desasudahmemakaikacamatakarenaseringmatanyaberhadapanlangsungdengantelevis, komputermaupun laptop.
3)      Membawa perubahan perilaku, terutama pada generasi muda (para remaja) pada masyarakat desa , seperti  pergaulan a-susila di kalangan remaja perdesaan. Karenabanyakpararemajasekarangmenyalahgunakanfungsi TIK misalnyalewat media internet dapatmendownlod/mengaksessitus-situspornografi.

2.4  Cara MenanggulangiDampakNegatifPerkembangan TIK di Perdesaan
     Hal yang perlu diperhatikan dalam PerkembanganTIK untuk menekan dampaknya seminimal mungkin, antara lain :
1)      Menjaga keserasian dan keseimbangan TIK dengan lingkunganperdesaan.
2)      Teknologi yang akan diterapkan hendaknya betul-betul dapat mencegah timbulnya permasalahan dilingkunganperdesaan.
3)      Memanfaatkan seoptimal mungkin segala sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada di perdesaan.
Secaraumumdampak TIK dapat kita cegah dengan cara-cara berikut:
1)      Menegakkan fungsi hukum yang berlaku,.Hal ini meliputi keamanan teknologi, sistem rekap data, serta fungsi pusat penagganan bencan.
2)      Menghindari penggunaan telepon seluler berfitur canggih oleh anak-anak di bawah umur dan lebih mengawasi pemakaian ponsel.
3)      Televisi :
o   Mewaspadai muatan pornografi, kekerasan, dan tayangan mistis.
o   Memperhatikan batasan umur penonton pada film yang tengah ditayangkan.
o   Mengaktifkan penggunaan fasilitas parental lock pada TV kabel dan satelit.
o   Menghindari penempatan TV pribadi di dalam kamar.
4)      Komputer dan Internet
o   Mewaspadai muatan pornografi digital (online maupun offline)
o   Mewaspadai kekerasan pada game
o   Cek history browser pada computer anak untuk melihat apa saja yang sudah dilihatnya
o   Meletakkan computer pada tempat yang dapat diawasi, hindari penempatan computer di dalam kamar
5)      Perbanyak buku yang bersifat Edukatif dirumah.
6)      Dan yang paling terakhirisiwaktuluangdenganhal yang positif, terusberibadahkepadaTuhan, danselaluberpikiranpositifdalamsegalahal (www.google.com)

2.5  Manfaat Perkembangan TIK Dalam Kegiatan Di Perdesaan
         Ternyatabanyaksekalimanfaat TIK dalamkehidupankitasehari-hari.Misalnyadalambidangpendidikan.Denganpendidikandimungkinkanterjadipenyebarluasanteknologi, informasi, dantransformasiilmupengetahuanuntuksektor-sektorpendidikan.Para siswa yang dudukdibangkusekolahdanmasiswajugaterbantudenganadanya internet dalammengerjakantugassekolahatautugaskuliah.Mahasiswadapatmencaribahansekripsi di internet atauparasiswadapatmencaribahantugasmakalahnya di internet.Denganadanyapelajaran TIK di sekolah, parasiswadapatbelajardanmemanfaatkan TIK dalamkehidupanmerekasehari-haridenganbaik.
         Manfaat TIK tidakhanyapadabidangpendidikansajatetapijugapadabidangekonomi.TIK jugadapatmendorongusahakecildanmenengahpedesaan agar dapatmendapatkannilailebihsertamenggerakkanrodaperekonomiandesa.Melalui internet pendudukdesadapatmencariinformasiterbarutentangbenihpadiunggul, bibitunggulataubibitunggultanamanbudidayalainnya, peternakjugabisamengetahuiprodukternakunggulan (www.wikipedia.com)
         Manfaat TIK yang lainadalahdapatmemberikanbekaluntukmengambilmanfaat yang sebesar-besarnya, dandapatmemilah-milahinformasi yang baikdanburukbagimasyarakatperdesaan.
         TeknologiInformasiKomunikasimerupakanfaktor yang sangatpentingdalammendukungpeningkatankualitassumberdayamanusiadanpelayananpemerintahkepadamasyarakatdesa.Teknologiinformasimempunyaitigaperananpokok :
2)Produkdanjasateknologiinformasimerupakankomuditas yang mampumemberikanpeningkatanpendapatanbaikbagimasyarakatdesa.
3)Teknologiinformasibisamenjadiperekatpersatuandankesatuandesa (wwwwordpress.com)

                    Pemanfaatan TIK sangatmembantukelancarankomunikasidalambisnis.Fedexadalahsalahsatuperusahaanjasakurir yang memanfaatkansisteminformasiuntukmengawasisampaidimanabarang yang dikirimkanmelaluibantuan internet.Internet banking adalahlayananperbankan yang dilakukandenganmenggunakan internet.Transaksi yang dapatdilakukanadalahpengecakansaldo, transfer uang, pembayarantagihan.Keuntungan internet banking bagi bank adalah bank dapatmemberikankeleluasaankepadanasabahuntukmelakukantransaksidimanasajadankapansaja.Keuntungan internet banking baginasabahantaralain ;
1)      Menghematwaktu, karenatidakperludatangke bank untukmelakukantransaksi.
2)      Menghematbiaya, karenatransportasimenujuke bank dapatdihilangkan.
3)      Lebihcepat, karenatidakperlumenungguantrean yang bamyak (www.google.com)
        




















BAB III
PENUTUP

3.1 Simpulan
ü  Perkembangan sistem informasi dalam kehidupan manusia seiring dengan peradaban manusia itu sendiri sampai akhirnya mengenal istilah Teknologi Informasi Komunikasi (TIK). Dimulai dari bentuk gambar yang tak bermakna pada dinding-dinding, prasasti-prasasti,  sampai informasi yang kemudian dikenal dengan nama internet. Informasi yang dikekola dan disampaikan juga terus dikembangkan, dari informasi yang sederhana seperti sekedar  menggambarkan suatu keadaan.
ü  Menurut Abidin (1999) Adapun hubungan TIK dengan perkembangan kehidupan sosial  dan budaya pada masyarakat akan berpengaruh pada  :
1.      Mengubah pola hidup, seperti :
a)      dari agraris tradisional menjadi agraris modern
b)      dari lamban ke serba cepat
c)      dari berasas nilai sosial menjadi konsumeris materialistis
d)     dari tata kehidupan tergantung  dari alam kepada menguasai alam
2.      Membawa perubahan perilaku, terutama pada generasi muda (para remaja) pada masyarakat desa , seperti  pergaulan a-susila di kalangan remaja perdesaan
ü  Adapun dampak positif TIK bagi aktivitas penduduk diperdesaan antara lain sebagai berikut :
1)      Para petani dapat berdiskusi tentang bagaimana menanam padi dengan baik, cara membasmi hama tanaman, atau bagaimana memelihara ternak mereka dengan baik agar didapatkan hasil produksi dengan kwalitas yang bagus yang diperoleh dari TIK yang berkembang diperdesaan.
2)      Para guru dapat membentuk forum untuk berdiskusi dalam rangka meningkatkan kwalitas belajar mengajar dan untuk mendapatkan informasi sesuai dengan bidang ajar masing-masing yang mendapat tambahan dari sumber TIK yang berkembang diperdesaan.
3)      Para pedagang  dapat membentuk komunitas untuk lebih meningkatkan  kwalitas produk dan pemasaran mereka lewat internet dan perkembangan TIK di perdesaan.
4)      Pemerintah Daerah yang ada di perdesaan juga akan dengan mudah mengontrol daerah binaannya dan lebih mudah dalam menentukan kebijakan yang harus diambil untuk memajukan daerah binaannya dengan adanya akses TIK.
ü  Adapun dampak negatif TIK bagi aktivitas penduduk diperdesaan antara lain sebagai berikut:
1)      Sekarang di zaman modern masyarakat perdesaan banyak dialihkan perhatiannya kepada acara yang ada di televisi sehingga sering sekali menunda aktivitas untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
2)      Kesehatanmata, banyakjugaanak-anakkecil yang ada di desasudahmemakaikacamatakarenaseringmatanyaberhadapanlangsungdengantelevis, komputermaupun laptop.
3)      Membawa perubahan perilaku, terutama pada generasi muda (para remaja) pada masyarakat desa , seperti  pergaulan a-susila di kalangan remaja perdesaan. Karenabanyakpararemajasekarangmenyalahgunakanfungsi TIK misalnyalewat media internet dapatmendownlod/mengaksessitus-situspornografi.
ü  Secaraumumdampak-dampak negatif TIK dapat kita cegah dengan cara-cara berikut:
1)      Menegakkan fungsi hukum yang berlaku,.Hal ini meliputi keamanan teknologi, sistem rekap data, serta fungsi pusat penagganan bencan.
2)      Menghindari penggunaan telepon seluler berfitur canggih oleh anak-anak di bawah umur dan lebih mengawasi pemakaian ponsel.
3)      Televisi :
o   Mewaspadai muatan pornografi, kekerasan, dan tayangan mistis.
o   Memperhatikan batasan umur penonton pada film yang tengah ditayangkan.
o   Mengaktifkan penggunaan fasilitas parental lock pada TV kabel dan satelit.
o   Menghindari penempatan TV pribadi di dalam kamar.
4)      Komputer dan Internet
o   Mewaspadai muatan pornografi digital (online maupun offline)
o   Mewaspadai kekerasan pada game
o   Cek history browser pada computer anak untuk melihat apa saja yang sudah dilihatnya
o   Meletakkan computer pada tempat yang dapat diawasi, hindari penempatan computer di dalam kamar
5)      Perbanyak buku yang bersifat Edukatif dirumah.
6)      Dan yang paling terakhir isi waktu luang dengan hal yang positif, terus beribadah  kepada Tuhan, dan selalu berpikiran positif dalam segala hal (www.google.com)
ü  Manfaatperkembangan TIK dalamkegiatanperdesaandapatdilihatdarisegi :
a)      Pendidikan
b)      Pelayananpemerintahterhadapmasyarakatperdesaan
c)      Usaha danBisnis
3.2 Saran
Penulis berharap pembacamakalahini dapat memahami pentingnya TIK dalamkehidupan,terutamabagikehidupanmasyarakat di perdesaan. Dan penulis menyadari bahwa pembuatan makalah ini jauh dari sempurna karena terbatasnya pengetahuan dan referensi yang digunakan, makauntuk itu penulis memerlukan masukan dari pembaca, dan penulis sangat berharap dapat memberikan kontribusi yang lebih baik dalam menyempurnakan makalah ini.






DAFTAR PUSTAKA

Habibie, B.J. 1995. Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pembangunan Bangsa. Jakarta: CIDES
Sahari Besari, M. 2008. Teknologi di Nusantara. Jakarta: Salemba Teknika
Sriartha .2004. Buku Ajar Geografi Perdesaan Dan Perkotaan. Singaraja : IKIP
Negeri Singaraja
Suhardi,dkk. 1996. Dampak Tayangan Televisi Terhadap Masyarakat Pedesaan.
Jakarta: CV Bupara Nugraha
Tim Penyusun. 2010. Belajar Sambil Bermain. Singaraja : Lukita
www.google.com Faktor Penentu TIK Berkembang di Desa. Diakses tanggal 29 Oktober 2011
www.google.com Pencegahan Dampak Negatif TIK. Diakses tanggal 29 Oktober 2011
www.google.com Pemanfaatkan TIK Dalam Usaha Dan Bisnis .
Diakses tanggal 29 Oktober 2011
www.wikipedia.com. Manfaat Perkembangan TIK Dalam Kegiatan Di Perdesaan
Diakses tanggal 30 Oktober 2011
www.wordpress.com .Peranan TIK Dalam Peningkatan Sumber Daya Manusia dan
 Pelayanan Pemerintah Terhadap Masyarakat Desa. Diakses tanggal 31 Oktober 2011










Tidak ada komentar:

Posting Komentar